Detail Cantuman Kembali
SITI RAHMAWATI - Personal Name

HUBUNGAN PERSEPSI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA SAMPAH DI TPA BUKIT PINANG KOTA SAMARINDA

SITI RAHMAWATI
“ Hubungan Persepsi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dengan Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Sampah Di TPA Bukit Pinang Kota Samarinda “(Dina Lusiana Setyowati, S.KM, M.Kes, sebagai Pembimbing 1, Siswanto, S.Pd.,M.Kes sebagai Pembimbing 2).
Departemen Tenaga Kerja Trans Pusat Jakarta, kasus cedera akibat kerja di Indonesia termasuk akibat bekerja mengumpulkan sampah dari bulan Januari sampai dengan September 2003 tercatat 81.169 kasus atau setiap harinya rata-rata terjadi lebih dari 300 kasus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi kesehatan dan keselamatan kerja dengan kecelakaan kerja pada pekerja sampah di TPA Bukit Pinang Kota Samarinda, meliputi persepsi kerentanan, persepsi keparahan,persepsi manfaat pencegahan, dan persepsi hambatan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan Hubungan PersepsiKesehatan Dan Keselamatan Kerja Dengan Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Sampah Di TPA Bukit Pinang Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan rancangan Case Control. Data dianalisi menggunakan uji statistik Chi-Square (a= 5%.) untuk melihat hubungan antara variabel independen dan dependen.
Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi kerentanan dengan kecelakaan kerja (ρ = 0,042 ), tidak ada hubungan antara persepsi keparahan dengan kecelakaan kerja (ρ = 0,614 ), ada hubungan antara persepsi manfaat pencegahan dengan kecelakaan kerja (ρ = 0,003), ada hubungan antara persepsi hambatan dengan kecelakaan kerja (ρ = 0,019),
Saran yang dapat diberikan bagi dinas lingkungan hidup diharapkan mamp meningkatkan pengetahuan para pekerja akan kecelakaan kerja yang dapat terjadi di lokasi kerja. Selain itu perlu diadakan pelatihan bagi para pekerja tentang bagaimana bekerja dengan aman dan selamat dalam upaya mengurangi kejadian kecelakaan kerja.


Kata Kunci : kecelakaan kerja, model kepercayaan kesehatan Kepustakaan : 35 (1908 - 2016)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PERSEPSI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA SAMPAH DI TPA BUKIT PINANG KOTA SAMARINDA
Pengarang SITI RAHMAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua