Detail Cantuman Kembali
ANDI INKA PRATIWI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJARTEMATIK DENGANSUBTEMA“INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYANEGERIKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IVSDN 021 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Andi Inka Pratiwi, 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Tematik Dengan Subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 021 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2017/2018.”Pembimbing1Dr. Muhammad Ilyas, M. PddanPembimbing IIDrs. H. Sunarno, M. Pd.
Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik pada Subtema “IndahnyaKeragaman Budaya Negeriku” pembelajaran 1: Bahasa Indonesia yang masih memperoleh nilai dibawah KKM, model pembelajaran yang tidak beragam, diharapkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa dapat meningkat, kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 seperti alat dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik dengan Subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” melaluimodel pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 021 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiapsiklus terdiri dari duakali pertemuan, pada setiapsiklus dari masing-masing pertemuanmenggunakan tes evaluasi dengan soal berbentuk uraian (essay). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 31 orang dan objek penelitian adalah pembelajaran tematik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang digunakan mengamati proses belajar mengajar, tes
digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, dan dokumentasi berupa foto/gambar proses belajar mengajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif berupa rata-rata, persentase dan diagram.
Berdasarkan hasil penelitan, diketahui bahwa hasil belajar tematik dengan Subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV C meningkat.
Peningkatan tersebut terbukti dari hasil belajar siswasiklus I memperoleh ratarata 65 dengan persentase ketuntasan 48,38% Atau sebanyak 15 siswa.
Dari hasil siklus II memperoleh 83,70 dengan persentase ketuntasan 83,87% Atau sebanyak 26 Siswa terdapat Peningkatan sebesar 73,35%. Dari hasil siklus III memperoleh 92,74 dengan persentase ketuntasan 100% atau sebanyak 31 siswa dari jumlah keseluruhan ada 31 orang terdapat peningkatan sebesar19,23%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJARTEMATIK DENGANSUBTEMA“INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYANEGERIKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IVSDN 021 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang ANDI INKA PRATIWI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua