Detail Cantuman Kembali
SITI ROHANAH - Personal Name

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA KELAS IVSDN 015 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Siti Rohanah, 2018 : Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit dengan Model Pembelajaran SAVI pada Siswa Kelas IV SDN 015 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dibimbing olehDrs. H. Sujiman, M.PddanDra, Hj. Warsinah, M.Pd.
Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil BelajarIPA, Model SAVI.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnyaaktivitas danhasil belajar IPA, guru dalam hal ini sudah berusaha tetapi hasil belajar siswa belum maksimal.Rumusan masalah: Bagaimanapeningkatan aktivitas dan hasil belajar IPAmateri perubahan kenampakan bumi dan benda langit dengan model pembelajaranSAVI di kelas IV SDN 015 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2017/2018?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit dengan model pembelajaranSAVI di kelas IV SDN015Samarinda Ulutahun pembelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 015 Samarinda Ulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 015 Samarinda Ulu yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian ini meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi kenampakan bumi dan benda langit dengan model pembelajaran SAVI. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaituobservasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, presentase, grafik, dan peningkatan hasil belajar tiap siklus.
Hasil analisis yang meliputi hasil observasi aktivitas belajar yaitu: tingkat keberhasilan yang tergolong baik.Presentase capaian aktivitas guru pada siklus I sebesar 60,71%, siklus II sebesar 75,00%, dan siklus III sebesar 91,07%. Presentase capaian aktivitassiswa pada siklus I sebesar 54,22%, siklus II sebesar 69,30%, dan siklus III sebesar 81,99%. Presentase ketuntasanhasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52,17%, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 14,39%.
Presentase ketuntasan hasil belajarsiklus II sebesar 78,26%, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 23,63%. Presentase ketuntasan hasil belajarsiklus III sebesar 91,30%, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 44.80%. Sehingga penelitian ini dikatakanberhasilkarena setiap siklusnyabaik aktivitas guru maupun aktivitas siswamengalami peningkatanyang berdampak pada hasli belajar siswa yang juga meningkatdan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu =80%.
Berdasarkan analisis datadapat disimpulkan bahwa mengajar dengan model SAVI dapat meningkatkanaktivitas guru maupun siswa selama proses pembelajaran yang berdampak baik bagi peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit dikelas IV SDN 015 Samarinda Ulu dengan demikian terjadi peningkatan kualitas dalam kegiatan pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA KELAS IVSDN 015 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang SITI ROHANAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua