Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD ALDYKA DANIAR - Personal Name

ANALISIS TUTURAN “BEMAMAI” SUKU KUTAI TENGGARONG DITINJAU DARI ASPEK NILAI BUDAYA

Muhammad Aldyka Daniar. 2018. Analisis Tuturan “Bemamai” Suku Kutai Tenggarong Ditinjau dari Aspek Nilai Budaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda. Pembimbing: (1) Drs. Syaiful Arifin, M. Hum dan Pembimbing : (II) Meita Setyawati, S. Sn,. M.A.
Kata Kunci: Tuturan, Bemamai, Nilai Budaya
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam tuturan “bemamai” yaitu nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan orang lain, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan diri sendiri.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Peneltian berusaha
menggambarkan nilai-nilai budaya didalam tuturan “bemamai”.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik wawancara, teknik simak, teknik rekam, teknik catat.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Nilai budaya yang berhubungan manusia dengan Tuhan, yaitu berserah diri kepada Tuhan;(2) Nilai budaya yang berhubungan manusia dengan alam, yaitu berupa kodrat alam; (3) Nilai budaya yang berhubungan manusia dengan masyarakat yang berupa kebijaksanaan; (4) Nilai budaya yang berhubungan manusia dengan orang lain yang berupa kasih sayang; (5) Nilai budaya yang berhubungan manusia dengan diri sendiri yang berupa kerja keras. Pembahasan pada penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu aspek budaya pada tuturan “bemamai” Suku Kutai Tenggarong dan tradisi “bemamai” dalam masyarakat suku Kutai Tenggarong.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TUTURAN “BEMAMAI” SUKU KUTAI TENGGARONG DITINJAU DARI ASPEK NILAI BUDAYA
Pengarang MUHAMMAD ALDYKA DANIAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua