Detail Cantuman Kembali
NOVITA RUSDIANA - Personal Name

PENGARUH KOMPOS CAIR LIMBAH SAYURAN MENTAH TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN METODE HIDROPONIK SISTEM WICK Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Ajar Biologi

Novita Rusdiana, 2018. Pengaruh Kompos Cair Limbah Sayuran Mentah Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.). Penelitian ini menggunakan Metode Hidroponik Sistem Wick, skripsi program studi pendidikan Biologi dibawah bimbingan Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd selaku pembimbing satu dan Dr. Herliani, M.Pd sebagai pembimbing dua.
Latar belakang penelitian ini adalah melimpahnya limbah sayuran mentah yang dianggap sebagai masalah dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompos cair limbah sayuran mentah terhadap pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa L.) dengan metode hidroponik sistem wick.
Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan di Desa Melati Jaya, Kecamatan Gunung Tabur,
Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan 5 kali ulangan. Perlakuan tersebut adalah P0 (tanpa kompos cair), P1 (10 ml kompos cair),P2 (15 ml kompos cair), P3 (20 ml kompos cair), dan P4 (25 ml kompos cair). Parameter yang diamati adalah pengukuran tinggi tanaman dan jumlah daun dilakukan setelah 14 sampai 28 hari masa tanam. Kompos cair limbah sayuran mentah diberikan setiap satu minggu sekali selama masa tanam. Hasil dari pengukuran pertumbuhan tanaman dilakukan analisis varian dan diikuti dengan uji BNJ 5%.
Hasil analisis Fhitung (272,22) > Ftabel (4,43) pada pengukuran tinggi tanaman hari ke 14 masa tanam, Fhitung (91,50) > F tabel (4,43) pada pengukuran tinggi tanaman hari ke 21 masa tanam, F hitung (17,26) > F tabel (4,43) pada pengukuran tinggi tanaman hari ke 28 masa tanam, dan Hasil analisis Fhitung (76,66) > Ftabel (4,43) pada pengukuran jumlah daun hari ke 14 masatanam, Fhitung (32,91) > Ftabel (4,43) pada pengukuran jumlah daun hari ke 21 masa tanam,Fhitung (64,83) > Ftabel (4,43) pada pengukuran jumlah daun hari ke 28 masa tanam, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian kompos cair limbah sayuran mentah dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman Selada (Lactuca sativa L.).

Kata Kunci : Kompos cair, limbah sayuran mentah, dan selada (Lactuca sativa L.)


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KOMPOS CAIR LIMBAH SAYURAN MENTAH TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN METODE HIDROPONIK SISTEM WICK Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Ajar Biologi
Pengarang NOVITA RUSDIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua