PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFATSIFAT CAHAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 001 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Annisa Tri Ningsih, 2018, Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2017/2018 Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Mulawarman dibimbing oleh (1) Dr. Hj. Sestuningsih M.R,. M.Pd dan (2) Drs. Nicodemus Sere, M.Pd
Kata Kunci :Hasil Belajar IPA, Sifat-sifat Cahaya, Metode Demonstrasi Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa pada materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu Tahun pembelajaran 2017/2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui metode pembelajaran Demonstrasi pada siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siswa
kelas V SDN 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Samarinda Ulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa dan objek penelitian ini adalah Hasil belajar ipa materi sifat-sifat cahaya melalui metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data da;am penelitian ini adalah dengan melakukan pengamatan (observasi), dokumentasi dan tes. Teknik analisi data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan nilai rata-rata, persentase, peningkatan hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini terbukti hasil belajar IPA materi Sifat-sifat Cahaya melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2017/2018 dapat meningkat. Peningkatan tersebut terbukti dengan rata rata pra siklus 42.30 , pada siklus I 65.09 dan pada siklus II menjadi 82.88. jadi hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari pra siklus, ke siklus I, dan
siklus II dengan penggunaan metode demonstrasi.
Saran bagi siswa untuk pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran agar lebih ditingkatkan. Bagi peneliti lain untuk lebih memperhatikan kesulitas-kesulitan yang dihadapi peneliti, agar metode demonstrasi pada pelaksanaan tindakan kelas dengan mata pelajaran sifat-sifat cahaya dapat diterapkan dengan baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFATSIFAT CAHAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 001 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | ANNISA TRI NINGSIH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY