Detail Cantuman Kembali
THITO KASMARA JAYA - Personal Name

ANALISIS PENDUGAAN LAJU EROSI SUB DAS BAYUR KOTA SAMARINDA

THITO KASMARA JAYA. Analisis Pendugaan Laju Erosi Sub DAS Bayur Kota Samarinda (Dibawah Bimbingan Raden Mas Nur Hartanto dan Ansyahari).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran laju dan luas daerah erosi yang terjadi, serta mengatur tindakan konservasi untuk pengendalian erosi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 sampai Januari 2018 di Sub DAS Bayur Kelurahan sempaja Kota Samarinda dengan luas 1214,65 ha.
Data yang diperlukan berupa data curah hujan, peta jenis tanah, data SRTM, dan peta penggunaan lahan. Menggunakan ArcGis untuk melakukan overlay dan dihitung dengan menggunakan rumus USLE, maka didapatkan nilai tingkat laju erosi aktual. Setelah mendapatkan nilai tingkat laju erosi aktual, selanjutnya dilakukan tahap validasi di lapangan untuk mencari kebenaran hasil olah ArcGis. Setelah didapatkan kebenaran sebesar 83,87% sesuai, maka tahap selanjutnya adalah mencari nilai Erosi yang diperbolehkan yang akan digunakan untuk perbandingan dengan nilai tingkat laju erosi aktual menghasilkan nilai indeks bahaya erosi. Selanjutnya adalah menentukan teknik konservasi dengan cara membagi laju erosi aktual dengan faktor erosivitas curah hujan, erodibilitas tanah, panjang kemiringan lereng. Hasil perhitungan yang didapat menjadi rekomendasi arahan konservasi Sub DAS Bayur.
Hasil analisis menunjukkan laju erosi sangat berat dengan areal 0,84 Ha dengan nilai 651,45 ton/ha/tahun, laju erosi berat dengan nilai 403,53 ton/ha/tahun seluas 105,51 ha, laju erosi sedang dengan nilai 67,25 sampai 142,42 ton/ha/tahun dengan total luasan 985,87 ha, laju erosi ringan dengan nilai 10,11 sampai 47,47 ton/ha/tahun dengan total luasan 97,41 ha, dan laju erosi sangat ringan dengan nilai 1,01 sampai 5,05 ton/ha/tahun dengan luasan 25,02 ha. Untuk nilai TSL didapatkan 29,45 ton/ha/tahun.
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 5 kelas bahaya laju erosi dengan arah konservasi lahan yang dapat dilakukan adalah metode vegetatif dan metode mekanik yang dipadukan untuk mengendalikan laju erosi.

Kata kunci : Erosi, Sub DAS Bayur


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENDUGAAN LAJU EROSI SUB DAS BAYUR KOTA SAMARINDA
Pengarang THITO KASMARA JAYA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua