Detail Cantuman Kembali
SUPRIMARINA - Personal Name

KEANEKARAGAMAN LEPIDOPTERA DI DESA KARANGAN HILIR KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Suprimarina, 2017. Keanekaragaman Lepidoptera (Diurnal) di Desa Karangan Hilir Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Sri Purwati S.Pd M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs.Syahril Bardin, M. Si selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis kupu-kupu (Rhopalocera) di Desa Karangan Hilir Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur.
Jenis penelitian murni-lapangan (field research) penelitian yang datanya diperoleh dari lapangan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive Random Sampling yaitu stasiun penelitian ditentukan dengan mempertimbangkan perbedaan karakteristik habitat.
Berdasarkan kondisi tersebut maka ditentukan empat stasiun penelitian yaitu; pekarangan rumah warga, tepi sungai, lahan belukar dan kebun kakao di Desa Karangan Hilir.
Data pengamatan meliputi jenis kupu-kupu dan jumlah individu tiap jenis.
Data dianalisis dengan indeks keanekaragaman Shanon- Wiener (H‟), indeks kekayaan jenis Margalef (DMg), indeks kemerataan jenis (E) dan indeks
Dominansi Simpson (D) untuk mengatahui tingkat dominansi masing- masing jenis kupu-kupu.
Hasil pengamatan menunjukkan total kupu-kupu yang tercatat di keempat stasiun penelitian di Desa Karangan Hilir sebanyak 4391 individu yang terdiri dari lima famili Rhopalocera. Memiliki nilai indeks keanekaragaman jenis Rhopalocera tinggi (H„= 3,67). Famili dengan jumlah jenis terbanyak di keempat stasiun penelitian adalah Nymphalidae (19 jenis), sedangkan jumlah individu terbanyak adalah Pieridae (2004 individu).

Kata Kunci : keanekaragaman jenis, kupu-kupu, desa karangan hilir.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEANEKARAGAMAN LEPIDOPTERA DI DESA KARANGAN HILIR KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang SUPRIMARINA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua