PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (Teams Games Tournament) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP YPM KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Hasriani, 2018. Pengaruh Model Teams Geams Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP YPM Diponegoro Kecamatan Tenggarong Seberang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Drs. Nanang Rijono, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Noor Ellyawati, S.Pd, MM selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penggunaan model Teams Geams Tournament dalam mata
pelajaran IPS, 2) hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model TGT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS, 3) pengaruh model teams geams tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain posttest only control design. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP YPM Diponegoro Kecamatan tenggarong Seberang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP YPM Diponegoro Tenggarong Seberang yang berjumlah 67 siswa dengan ketentuan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dilaksanakan selama 4x pertemuan baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dan pada pertemuan akhir, pemberian tes berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Dengan demikian, secara statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,0882 dan kelas kontrol sebesar 70,788. Analisis data melalui uji t, diperoleh sebesar 3,676 dan pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 65 sebesar 1,997.
Karena > (3,676 > 1,997), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model teams games tournament memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dan Hasil Belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (Teams Games Tournament) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP YPM KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | HASRIANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY