Detail Cantuman Kembali
ANNISA RAHMAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 001 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Annisa Rahmah (2018) : Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Uang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas III SDN 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini di bimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M. Si sebagai dosen pembimbing I dan Drs. H. Kusdar, M. Ag sebagai dosen pembimbing II.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Uang, Model Make a Match
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS tentang materi Uang dengan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Make a Match pada siswa kelas III SDN 001 Samarinda Ulu tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil
belajar, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa dan objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar IPS materi uang dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar dari data awal atau pra siklus rata-rata 49,4 dengan persentase 30,3%, dan hasil belajar siswa siklus I meningkat dengan rata-rata 56,1 siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase ketuntasan 36,4%. Persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 13,5%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 66,8 siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dengan persentase ketuntasan 57,6%.
Persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 19,2%. Pada siklus III hasil
belajar siswa meningkat dengan rata-rata 79,6 siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan 81,8%. Persentase peningkatan dari siklus II ke siklus III adalah 19,1%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS materi Uang melalui model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Make a Match pada siswa kelas III SDN 001 Samarinda Ulu.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 001 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang ANNISA RAHMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua