Detail Cantuman Kembali
YULIANA PRATIWI - Personal Name

PERAN DINAS PENDIDIKAN, PEMUDADAN OLAHRAGADALAM PEMBINAAN ATLETUSIA DINI DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Yuliana Pratiwi, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman 2011. Peran Dinas Pendidikan, Pemudadan Olahraga dalam Pembinaan Atlet Usia Dini di Kabupaten Penajam Paser Utara, dibawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Jamal Amin, M.Si selaku Dosen pembimbing pertama dan Bapak Budiman, S.IP, M.Si selaku Dosen pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Dinas Pendidikan, Pemudadan Olahragadalam Pembinaan Atlet Usia Dini di Kabupaten Penajam Paser Utara.
Dalam penelitian tersebut, terdapat tiga fokusyang akan diteliti, diantaranya perencanaan pembinaan atlet usia dini merupakan suatubimbinganpada atlet pemula danberstatus pelajar untuk mendapatkan pengetahuan dan kecakapan yang baru, supaya dapat berhasil guna. Kedua, Pelaksanaan pembinaan merupakanimplementasi dari perencanaan pembinaan yang telah disusun dan diatur guna meningkatkan kemampuan para atlet sejak usia dini hingga menjadi atlet professional. Ketiga, Evaluasi Pembinaan merupakan sebuah penilaian kembali dari hasil perencanaan dan pelaksanaan pembinaan yang dilaksanakan.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yangmana dengan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian kepustakaan, penelitian lapangan yaitu dengan pengumpulan data melalui kegiatan observasi, penelitian, wawancara dokumentasi. Narasumber terdiri dari Sekretaris
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Penajam Paser Utara, dan atlet Sepak Bola yang berlatih di Sekolah Sepak Bola (SSB) Kresna Nenangdi Kabupaten Penajam Paser Utara. Dari data yang didapat, dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman.
Dari hasil penelitian yang diperoleh, gambaran secara keseluruhan bahwa Peran Dinas Pendidikan, Pemudadan Olahragadalam Pembinaan Atlet Usia Dini di Kabupaten Penajam Paser Utaramasih belum maksimal dijalankan. Hal ini dapat diketahui dari masih banyaknya kekurangan yang terjadi pada Proses pelaksanaan pembinaan terhadap atlet usia dini baik dari segi anggaran, perencanaan dan alat olahrga ditiap cabang olahraga itu sendiri.

Kata Kunci:Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Pembinaan Atlet Usia Dini

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN DINAS PENDIDIKAN, PEMUDADAN OLAHRAGADALAM PEMBINAAN ATLETUSIA DINI DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang YULIANA PRATIWI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua