Detail Cantuman Kembali
RANTI - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELOMPOK A PADA PAUD BUDI RAHAYU SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Ranti, 2015. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Kartu Angka Anak Kelompok A PAUD Budi Rahayu Samarinda Ulu.
(Dibimbing oleh Dra. Wiwik Haryani, M.Pd dan Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd.)

Kata Kunci : Mengenal Angka, Melalui Media Kartu Angka.

Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas di PAUD Budi Rahayu Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2014/2015 adalah Bagaimana peningkatan Kemampuan anak dalam mengenal 1-10 masih kurang optimal sehingga peneliti ingin mengenal angka melalui media kartu angka agar dapat tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas di Budi Rahayu Samarinda Ulu adalah untuk meningkatkan mengenal angka pada anak melalui media kartu angka di Kelompok A PAUD Budi Rayahu Samarinda Ulu pada Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang berlangsung sebanyak tiga siklus. Alur penelitian dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian berjumlah 10 anak. Data yang diperoleh dengan kegiatan observasi pada setiap tindakan siklus dapat dianalisis dengan cara menjumlah, mencari rata-rata, persentase dan table dengan mencermati setiap aspek yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal angka meningkat melalui media kartu angka pada kelompok A PAUD Budi Rahayu Samarinda Ulu. Hal ini terbukti pada pelaksanaan tindakan siklus pertama dapat dikatakan belum memuaskan dengan perolehan rata-rata 44,99 yang termasuk kriteria cukup dengan presentase 58% anak memperoleh kriteria baik, sedangkan 42% anak Kriteria kurang. Sedangkan pada pelaksanaan siklus kedua dapat dikatakan meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 63,1 yang termasuk kriteria baik dengan presentase 64% anak memperoleh skor baik. Siklus ketiga memperoleh nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 76,3 yang termasuk dalam kriteria baik sekali, 76% anak memperoleh skor baik sekali, sedangkan 24% baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa melalui media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELOMPOK A PADA PAUD BUDI RAHAYU SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang RANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua