PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) SISWA KELAS X SMK MEDIKA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/ 2017
Jumiati, 2017. Perbedaan Hasil Belajar Kimia Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur (SPU) Siswa Kelas X SMK Medika Samarinda. Penilitian ini dibimbing oleh Dr. Nurlaili, M.P selaku pembimbing I dan Muflihah, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II.
Model pembelajaran NHT adalah pembelajaran yang sederhana dimana para siswa saling bekerja sama atau berdiskusi dalam kelompok kemudian mengemukakan pendapatnya secara individu. Sedangkan model pembelajaran Round Robin adalah pmbelajaran yang mengajarkan keterampilan berbagi, dimana para siswa bergiliran memberikan kontribusi menjawab pertanyaan dalam suatu kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin pada pokok bahasan sistem periodik unsur siswa kelas X SMK Medika Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Medika Samarinda. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas X-Keperawatan B dan X-Keperawatan C dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelas X-Keperawatan B menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sedangkan X-Keperawatan C menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin. Data hasil belajar siswa diperoleh dari soal posttest dan ulangan harian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa -t hitung < -t tabel yaitu -2,34 < - 2,00 pada taraf signifikan 5% maka Ho ditolak dan Hα diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin pada pokok bahasan sistem periodik unsur. Hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan sistem periodik unsur.
Kata kunci: Hasil belajar, Numbered Head Together (NHT), Round Robin
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) SISWA KELAS X SMK MEDIKA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/ 2017 |
---|---|
Pengarang | JUMIATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY