Detail Cantuman Kembali
Hasriana Dewi - Personal Name

INTEGRASI PENDIDIKANKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKnDI SMP NEGERI 6 SAMARINDA

Hasriana Dewi, Integrasi Pendidikan Karakter DalamPembelajaran PPKn DiSMP Negeri 6 Samarinda. DibimbingolehDra. Hj. Marwiah Johansyah, M.Pd, sebagai pembimbingIdanDra. Hj. Wingkolatin, M.Si, sebagaipembimbing II.
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran PPKn dan untuk mengetahui apa manfaat yang diperoleh dari implementasi pendidikan karakter yang diitegrasikan kedalam mata pelajaran PPKn padasiswa di SMP Negeri 6 Samarinda. Jenispenelitianini menggunakanmetodepenelitiandeskriktif kualitatif. Teknik pengambilan sampela adalah purposive sampling dandalampenelitianiniteknikpengumpulan data yang di
gunakanadalahobservasi, wawancaradandokumentasi. Serta teknikanalisis data yang digunakanadalahpengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), serta penarikankesimpulan. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengkaji penembangan korps dalampembelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Samarinda. Populasi penelitian in iadalah Guru SMP Negeri 6 Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PPkn di SMP Negeri 6 Samarinda melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Tahap perencanaan, guru memasukkan muatan karakter dalam silabus dan RPP, tahap pelaksanaan, guru menyampaikan materi dengan mengaitkan langsung dengan kehidupan nyata. Guru menerapkan metode, media pembelajaran dan sumber belajar yang bervariasi untuk mendukung pembelajaran berkarakter sehingga lebih bermakna bagi siswa. Tahap evaluasi, guru masih belum secara optimal melakukan evaluasi pembelajaran karakter, masih terfokus pada pengukuran aspek kognitif. Namun guru sudah melakukan bentuk penilaian yang mengukur sikap karakter siswa dengan melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

Kata Kunci :Integrasi,Pendidikankarakter,PembelajaranPPKn

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul INTEGRASI PENDIDIKANKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKnDI SMP NEGERI 6 SAMARINDA
Pengarang Hasriana Dewi - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua