Detail Cantuman Kembali
Ayu Andira - Personal Name

PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA

Ayu Andira, Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Burhanudin, M.Si dan Ibu Dr. Rita Kalalinggi, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda sesuai dengan tujuan khusus dari PKH dan faktorpendukung serta penghambat pelaksanaan PKH.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamtan Samarinda Utara Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (2013).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Program Keluarga Harapan telah terlaksana secara umum di lapangan. Mulai dari sosialisasi PKH, validasi penerima PKH, pertemuan kelompok dan pendampingan, Penyaluran bantuan, verifikasi kesehatan dan pendidikan setiap 3 bulan sekali. Pencapain tujuan PKH secara khusus yaitu peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan taraf pendidikan peserta PKH, peningkatan kesehatan ibu hamil dan menyusui dan anak balita, serta meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM. Hampir seluruh tujuan khusus PKH tersebut terjalankan, karena masayrakat mendapatkan banyak manfaatnya dari bantuan PKH yang mereka dapatkan. Adapun yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan PKH ini diantaranya yaitu sarana dan prasarana yang masih sangat minim sehingga menghambat pelaksanaan PKH tersebut. Misalkan akses jalan yang rusak, fasilitas penunjang seperti printer yang tidak ada yang membuat pendamping harus mengeluarkan uang pribadi mereka.

Kata Kunci : Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
Pengarang Ayu Andira - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua