Detail Cantuman Kembali
ANDI SURINDAH MUSTAFA - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN C3PDR TERHADAPPENINGKATANPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILANBERPIKIR KREATIF SISWASMA PADAMATERI GELOMBANG BUNYI

Model Pembelejaran C3PDR merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Penelitian bertujuan mendeskripsikan penguasaan konsep dan tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan model C3PDR dan mengetahui pengaruh model pembelajaran C3PDR terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian yangdigunakan merupakan quasi eksperimental design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampelyaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 31 orang. Sampel diberikan tes awal (pretest) kemudiandiberikan tes akhir (posttest) dengan indikator tes penguasaan konsep dan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan adalah uji t berpasangan dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-ratapretest penguasaan konsep berada dalam kategori rendah dannilai posttestdalam kategori amat baik dengan N-gain sebesar 0.67 dan rata-rata pretest keterampilan berpikir kreatif berada dalam kategori rendah dan setelah dilakukan pembelaran C3PDR didapatkan posttestdalam kategori tinggi dengan N-gain sebesar 0.37
Kata Kunci : Model Pembelajaran C3PDR, Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN C3PDR TERHADAPPENINGKATANPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILANBERPIKIR KREATIF SISWASMA PADAMATERI GELOMBANG BUNYI
Pengarang ANDI SURINDAH MUSTAFA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua