PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN C3PDR TERHADAPPENINGKATANPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILANBERPIKIR KREATIF SISWASMA PADAMATERI GELOMBANG BUNYI
Model Pembelejaran C3PDR merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Penelitian bertujuan mendeskripsikan penguasaan konsep dan tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan model C3PDR dan mengetahui pengaruh model pembelajaran C3PDR terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian yangdigunakan merupakan quasi eksperimental design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampelyaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 31 orang. Sampel diberikan tes awal (pretest) kemudiandiberikan tes akhir (posttest) dengan indikator tes penguasaan konsep dan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan adalah uji t berpasangan dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-ratapretest penguasaan konsep berada dalam kategori rendah dannilai posttestdalam kategori amat baik dengan N-gain sebesar 0.67 dan rata-rata pretest keterampilan berpikir kreatif berada dalam kategori rendah dan setelah dilakukan pembelaran C3PDR didapatkan posttestdalam kategori tinggi dengan N-gain sebesar 0.37
Kata Kunci : Model Pembelajaran C3PDR, Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN C3PDR TERHADAPPENINGKATANPENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILANBERPIKIR KREATIF SISWASMA PADAMATERI GELOMBANG BUNYI |
---|---|
Pengarang | ANDI SURINDAH MUSTAFA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY