Detail Cantuman Kembali
KURDIANSYAH - Personal Name

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK EKSTERNAL KEBERADAAN PT. CAHAYA SAMTRACO UTAMA, KELURAHAN LOA BUAH SAMARINDA

KURDIANSYAH.Persepsi Masyarakat Terhadap Dampak Eksternal Keberadaan PT. Cahaya Samtraco Utama, Loa Buah Samarinda (dibawah bimbingan Rujehan dan Syahrir Yusuf).
Keberadaan suatu kegiatan industri dalam suatua wilayah akan membawa perubahan prilaku sosial dan budaya masyarakat yang terkena dampak dari industri itu sendiri juga masyarakat yang bertempat tinggal disekitar daerah kegiatan industri.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran umum Kelurahan Loa Buah, mengetahui persepsi masyarakat Kelurahan Loa Buah Samarinda terhadap dampak positif dan negatif yang ditimbulkan perusahaan PT. Cahaya Samtraco Utama terhadap lingkungan sekitarnya, mengetahui manfaat sosial ekonomi keberadaan perusahaan terhadap masyarakat setempat.Lokasi penelitian ini dilakukan di Kelurahan Loa Buah Samarinda, Sungai Kunjang, Kalimantan Timur. Waktu penelitian dilaksanakan kurang lebih 6 (enam) bulan efektif dimulai
1 Juli sampai dengan 30 Desember 2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode Purposive Sampling yang diambil berdasarkan tujuan penelitian berdasarkan tingkat heterogenitas penduduk serta atas dasar banyaknya jumlah populasi. Sampel dkelompokan yakni RT 11 10 orang responden, RT 12 10 orang, RT 13 10 orang, RT 14 10 orang, RT 15 10 orang, dan RT 16 10 orang total responden 60 orang. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kelurahan Loa Buah merupakan tempat berproduksinya PT. Cahaya Samtraco Utama, yang bergerak dalam produksi kayu lamina dan kayu lapis atau plywood. Dampak negatif berupa polusi suara yang menggangu ketentraman masyarakat pada malam hari, serta potensi konflik yang terjadi antar perusahaan dengan masyarakat sekitar. Sedangkan dampak positif munculnya peluang usaha serta peluang kerja. Manfaat social ekonomi yang ditimbulkan perusahaan PT. Cahaya Samtraco Utama yakni terjadinya migrasi penduduk luar daerah yang bekerja di perusahaan, serta perkembangan sektor informal seperti warung sembako, warung makan, bengkel, penjual air galon, fotokopian, rumah kost, penjual buah dan penjual bensin. Saran dari penelitian ini perlu dilakukan penelitian lanjutan apakah dampak eksternal perusahaan terhadap kondisi lingkungan, kondisi jalan, serta pencemaran murni disebabkan oleh PT. Cahaya Samtraco Utama.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK EKSTERNAL KEBERADAAN PT. CAHAYA SAMTRACO UTAMA, KELURAHAN LOA BUAH SAMARINDA
Pengarang KURDIANSYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua