PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MODELPICTURE ANDPICTURESISWA KELASVSDN002 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Eka Agus Fatmi., 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Picture And Picture Siswa Kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2017/2018.Pembimbing I Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H.Sujiman, M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Model Picture and Picture.
Latar belakang masalah dilakukannyapenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2017/2018 khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis karangan deskripsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan model Picture and
Picturesiswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2017/2018?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan model Picture and Picturesiswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masin gmasing siklus terdiri dari dua pertemuan.
Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 002 Sungai Kunjang yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar keterampilan menulis karangan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model Picture and] Picture.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang terdiri atas rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata
hasil belajar pada keterampilan menulis dari pra siklussebesar 55,90 meningkat menjadi 68,63 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 22,77% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 36,36%. Pada siklus II nilai ratarata meningkat menjadi 76,54 dengan persentase peningkatandari data pra sebesar 36,92% dan persentase siswa siswa yang tuntas sebesar 86,36%.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis karangan dengan model Picture and Picturesiswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2017/2018.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MODELPICTURE ANDPICTURESISWA KELASVSDN002 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | EKA AGUS FATMI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY