Detail Cantuman Kembali
Dwinanda Febriady - Personal Name

ANALISIS FRAMING BERITA PERSAINGAN KLUB SEPAK BOLA ANTARA REAL MADRID DENGAN BARCELONA DI MEDIA GOAL.COM DAN SPORT.DETIK.COM

ABSTRAK
Analisis framing berita persaingan antara Real Madrid dengan Barcelona di media goal.com dan sport.detik.com dibawah bimbingan Bapak Drs. Massad Hatuwe, M.Si dan Ibu Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si.
Berbicara sepak bola tentu semua penggemar sepak bola mengetahui duel raksasa dua tim eropa di liga spanyol, yaitu antara Real Madrid dengan FC Barcelona yang biasa di sebut dengan duel El Clasico. El Clasico atau The Classicadalah nama umum yang diberikan untuk setiap pertandingan sepak bola antara FC Barcelona dan Real Madrid. Pertemuan mereka terjadi setiap tahun sebagai bagian dari kompetisi La Liga Spanyol, dengan maksimum sembilan pertandingan tahun, dengan dua tambahan di Copa del Rey, Liga Champions, dan Supercopa de Espana, dengan kemungkinan lain dalam Piala Super UEFA dan Final Liga Champions. Kedua klub ini adalah klub-klub yang paling banyak mengikuti kompetisi bergengsi sepak bola di dunia, disaksikan oleh ratusan juta orang.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis media online goal.com dan sport.detik.com dalam membingkai pemberitaan persaingan Real Madrid dengan Barcelonadan menyampaikan sebuah peristiwa kepada publik. Tipe penelitian ini menggunakan interpretatif kualitatif dengan metode penelitian analisis framing. Fokus penelitian ini adalah analisis framing pada pemberitaan persaingan klub sepak bola antara Real Madrid dengan Barcelona di media goal.com dan sport.detik.com pada tanggal 23 Oktober 2013 sampai 16 April 2014. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis framing model Robert N. Entman dengan empat perangkat yaitu Define Problems, Diagnose Cause, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation.
Setiap berita yang dimuat oleh media massa merupakan sebuah konstruksi realitas yang dikemas sesuai dengan kebijakan media tersebut. Ideologi media khususnya goal.com dan sport.detik.com sulit dihilangkan dalam berita-berita yang dimuat. Konsep ideologi menurut pendekatan konstruksi sosial media dapat membantu menjelaskan bagaimana bisa wartawan membuat liputan berita memihak satu pandangan, menempatkan satu pandangan lebih menonjol dibandingkan pandangan kelompok lain dan sebagainya. Frame yang dikonstruksi oleh kedua media ini berbeda kepemihakan yakni goal.com membingkai lebih mendukung Real Madrid sedangkan sport.detik.com lebih mendukung Barcelona. Frame ini tidak muncul dengan sendirinya tetapi dikonstruksi oleh media melalui proses gate keeping. Dalam proses inilah nilai-nilai ideologi media dibangun.

Kata Kunci: Framing, Goal.com, Sport.detik.com, berita Persaingan Real Madrid dengan Barcelona

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS FRAMING BERITA PERSAINGAN KLUB SEPAK BOLA ANTARA REAL MADRID DENGAN BARCELONA DI MEDIA GOAL.COM DAN SPORT.DETIK.COM
Pengarang Dwinanda Febriady - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua