Detail Cantuman Kembali
YOGI NANDA FITRIANDI - Personal Name

PERAN UNITED NATIONS OF COTE D’IVOIRE (UNOCI) DALAM PENYELESAIAN KONFLIK PANTAI GADING 2010-2011

Yogi Nanda Fitriandi, NIM 1102045024, dengan skripsi berjudul : “Peran United Nations of Cote D’Ivoire (UNOCI) dalam Penyelesaian Konflik Pantai Gading 2010-2011”, di bawah bimbingan Ibu Enny Fathurachmi, S.IP, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Andi Purnawarman, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II, pada Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dilakukan oleh UNOCI dalam penyelesaian konflik pasca pemilihan presiden Pantai Gading pada tahun 2010. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah tipe deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah pustaka, dengan menggunakan jenis data sekunder. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran UNOCI dalam tiga tahapan penyelesaian konflik yaitu peacekeeping, peacemaking, dan peacebuilding menunjukkan bahwa UNOCI berhasil meredam konflik yang terjadi. Dalam tahapan peacekeeping, UNOCI melakukan intervensi militer dalam mengamankan situasi konflik. Dalam tahapan peacemaking, UNOCI memediasi pihak yang berkonflik serta melakukan tindakan arbitrase bagi pihak yang terbukti melanggar
HAM dan dalam tahapan peacebuiding, UNOCI melakukan pemantauan HAM, rekonsiliasi kondisi politik dan ekonomi, pengawasan terhadap wilayah perbatasan, serta melakukan pelucutan senjata pemberontak.

Kata Kunci: UNOCI, Pantai Gading, Konflik Pantai Gading 2010-2011

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN UNITED NATIONS OF COTE D’IVOIRE (UNOCI) DALAM PENYELESAIAN KONFLIK PANTAI GADING 2010-2011
Pengarang YOGI NANDA FITRIANDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua