Detail Cantuman Kembali
Sitti Aisyah Mansur - Personal Name

PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN SANGATTA UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017


Mansur, Sitti Aisyah. 2017. Pengaruh Adversity Quotient dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sangatta Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Drs. M. Ugiarto, M. Si. dan (II) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar, Adversity Quotient

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Sangatta Utara tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini adversity quotient (X_1) sebagai variabel bebas, motivasi belajar (X_2) sebagai variabel perantara, dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Sangatta Utara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster sampling, sehingga diperoleh sampel 7 kelas yang terdiri dari 222 siswa yang berasal dari sekolah yang berbeda yaitu SMP Negeri 2 Sangatta Utara, SMP Negeri 3Sangatta Utara, dan SMP Negeri 5 Sangatta Utara. Instrument yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika, sedangkat angket digunakan untuk memperoleh data tentang adversity quotient dan motivasi belajar. Sebelum melaksanakan penelitian, tes dan angket diuji cobakan kepada siswa yang bukan merupakan sampel dari penelitian, yaitu siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Sangatta Utara berjumlah 36 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis jalur dengan taraf signifikan statistik (α) sebesar 0,05 atau 5%.
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh skor rata-rata dari adversity quotient adalah 58,826 (kategori cukup),motivasi belajar adalah 54,423 (kategori cukup), dan tes hasil belajar matematika adalah 29,586 (kategori cukup). Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji analisis jalur untuk sub-struktur 1 diperoleh persamaan X_2= 0,578X_1+0,815 dengan taraf signifikan pengujian (p) sebesar 0,000 karena p

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN SANGATTA UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang Sitti Aisyah Mansur - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua