Detail Cantuman Kembali
MULIDA ARDIYANI - Personal Name

PERAN PETUGAS KECAMATAN SAMBUTAN DALAM SOSIALISASI PENERAPAN e-KTP PADA MASYARAKAT KELURAHAN MAKROMAN RT. 04 KOTA SAMARINDA

ABSTRAK


Mulida Ardiyani, Peran Petugas Kecamatan Sambutan dalam Sosialisasi Penerapan e-KTP pada Masyarakat Kelurahan Makroman RT. 04 Kota Samarinda. Dalam penulisan skripsi ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Achmad Djumlani, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa Peran Petugas Kecamatan Sambutan dalam Sosialisasi Penerapan e-KTP pada Masyarakat Kelurahan Makroman RT. 04 Kota Samarinda.
Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan key informan adalah Camat dan Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Sambutan dan di dukung data sekunder. Sebagai informan penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Makroman RT. 04. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara langsung, arsip-arsip dan dokumen yang berkaitan dan diperlukan dalam penelitian ini
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Dengan menggunakan analisis data yang mengacu pada metode Miles, Huberman dan Saldana yaitu analisis data yang diawali dengan proses pengumpulan data, data kondensasi, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi.
Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja petugas Kecamatan Sambutan dalam mensosialisasikan e-KTP, meliputi : Penyebaran informasi penerapan e-KTP, Media yang digunakan dalam sosialisasi penerapan e-KTP, Faktor pendukung dan factor penghambat dalam sosialisasi penerapan e-KTP.

Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa peran petugas Kecamatan Sambutan dalam sosialisasi penerapan e-KTP pada masyarakat Kelurahan Makroman RT. 04 telah berjalan dengan cukup baik, terutama kemampuan dan peranan petugas dalam memberikan pelayanan serta sosialisasi kepada masyarakat. Hal ini menjadi hal yang mendasar dari penerapan program di atas walaupun masih terdapat beberapa faktor penghambat dalam mensosialisasikan penerapan e-KTP tersebut.



Kata Kunci : Peran Petugas Kecamatan Sambutan, sosialisasi penerapan e-KTP

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PETUGAS KECAMATAN SAMBUTAN DALAM SOSIALISASI PENERAPAN e-KTP PADA MASYARAKAT KELURAHAN MAKROMAN RT. 04 KOTA SAMARINDA
Pengarang MULIDA ARDIYANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua