Detail Cantuman Kembali
Tio Andika Pradana - Personal Name

RESPON KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN AIR TAWAR TERHADAP PENANGGULANGAN PENYAKIT IKAN DENGAN MENGGUNAKAN BIOIMUN MELALUI MEDIA LEAFLET DI KECAMATAN PENAJAM PASER UTARA


Tio Andika Pradana, 2017. Respon Kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar Terhadap Penanggulangan Penyakit Ikan dengan Menggunakan Bioimun Melalui Media Leaflet di Kecamatan Penajam Paser Utara (dibimbing oleh Elly Purnamasari dan Esti Handayani Hardi).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan cara membuat materi penyuluhan yang baik dengan media leaflet, mengetahui sejauh mana respon yang diberikan oleh masyarakat pembudidaya ikan terhadap materi penyuluhan penggunaan Bioimun dengan menggunakan media leaflet dan mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan pembudidaya ikan sebelum dan sesudah dilakukannya penyuluhan tentang penanggulangan penyakit ikan dengan menggunakan Bioimun melalui media leaflet di Kecamatan Penajam Paser Utara.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2017 di Kelurahan Lawe-lawe dan Petung Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah responden 20 orang. Responden keseluruhan adalah pembudidaya ikan air tawar yang aktif. Teknik pengumpulan data yang dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan skala Likert untuk mencari interval kelas tingkat pengetahuan dan diuji dengan Wilcoxon match pairs test, untuk melihat perbedaan pengetahuan pembudidaya tentang cara penanggulangan penyakit ikan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leaflet yang dibuat terbagi menjadi 3 tahap yaitu coba-coba, kasar, dan komperensif. Respon yang diberikan masyarakat pembudidaya ikan sangat positif dimana mereka mau mengikuti kegiatan penyuluhan dari awal sampai akhir kegiatan dan terjadi perbedaan tingkat pengetahuan pembudidaya tentang cara penanggulangan penyakit ikan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan, dan ada peningkatan pengetahuan pembudidaya tentang cara penanggulangan penyakit ikan .

Kata kunci : Respon, Kelompok Pembudidaya Kolam Air Tawar, Bioimun Media Leaflet, Penyakit Ikan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul RESPON KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN AIR TAWAR TERHADAP PENANGGULANGAN PENYAKIT IKAN DENGAN MENGGUNAKAN BIOIMUN MELALUI MEDIA LEAFLET DI KECAMATAN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang Tio Andika Pradana - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua