PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JILBAB PADA TOKO RABBANI DI SAMARINDA
Nurdiana Sari, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas
Pelanggan Jilbab Pada Toko Rabbani di Samarinda”. Di bawah bimbingan bapak
Dr. M. Zaini, M.Si selaku dosen pembimbing I dan ibu Ana Noor Andriana,
S.AB., M.AB selaku pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat signifikan pengaruh
bauran pemasaran yang terdiri dari Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan
Promosi (X4) secara simultan maupun secara parsial terhadap loyalitas pelanggan
(Y), serta mencari variabel mana yang paling berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan jilbab pada toko Rabbani di Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantatif. Data bersumber
dari Rabbani di Samarinda dengan teknik pengumpulan data yaitu studi
kepustakan dan studi lapangan yang terdiri dari teknik wawancara, teknik
observasi dan teknik kuesioner. Metode penelitian ini menggunakan metode
analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = 463 + 0,287 X
1
+
0,176 X
2
– 0,018 X
3
+ 0,368 X
4
dengan koefisien korelasi sebesar 0,609 atau
60,9% dan koefisien determinasi 0,339 atau 33,9%. Hasil uji F menunjukkan
bahwa variabel Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4)
berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y) dalam membeli
jilbab pada toko Rabbani di Samarinda. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara
parsial hanya variabel Produk (X1) dan Promosi (X4) yang berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan variabel Harga (X2) dan
Tempat (X3) tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Adapun variabel
yang paling berpengaruh adalah variabel Promosi (X4).
Bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat
dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan
jilbab pada tok Rabbani di Samarinda, Secara Parsial Produk dan Promosi
berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan jilbab pada tok Rabbani di
Samarinda, dan Dari keempat variabel bauran pemasaran yang diteliti bahwa
variabel Promosi merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar
terhadap Loyalitas Pelanggan jilbab pada toko Rabbani di Samarinda
Kata Kunci : Produk, Harga, Tempat, Promosi dan Loyalitas pelanggan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JILBAB PADA TOKO RABBANI DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | NURDIANA SARI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY