Detail Cantuman Kembali
WASNI SAHIRA - Personal Name

PENGGUNAAN ANALOGI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA KELAS X SMK NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2007/2008

ABSTRAK

Penelitian tentang penggunaan analogi dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan ikatan kimia kelas X SMK Negeri 2 Samarinda telah dilakukan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan analogi dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan ikatan kimia kelas X SMK Negeri 2 Samarinda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas X Listrik I SMK Negeri 2 yang berjumlah 38 orang. Pada setiap siklusnya dilakukan pre-test, kemudian penggunaan analogi dalam pembelajaran, dan diakhir siklus diberikan post-test. Pengumpulan data dalam penelitian adalah nilai hasil dari pre-test dan post-test.
Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan persentase, dengan menggunakan standar ketuntasan 60 % dan nilai tuntas 60-100, dimana diperoleh hasil pre-test siklus I = 0 %, hasil post-test = 65,71 %. Hasil pre-test siklus II = 0 %, hasil post-test = 73,53 %. Secara keseluruhan nilai post-test siklus II mengalami kenaikan dari siklus I yaitu sebesar 7,82 %, dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan analogi dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan ikatan kimia kelas X SMK Negeri 2 Samarinda tahun ajaran 2007/2008.


Kata kunci : penggunaan analogi dalam pembelajaran, hasil belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGGUNAAN ANALOGI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA KELAS X SMK NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2007/2008
Pengarang WASNI SAHIRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua