Detail Cantuman Kembali
Maria Magdalena Nggara - Personal Name

ANALISIS PENERAPAN PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BIBIT PERSEMAIAN PERMANEN KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN (STUDI KASUS BALAI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN HUTAN LINDUNG MAHAKAM BERAU)

Maria Magdalena Nggara, 2016. Analisis Penerapan Pencatatan dan Penilaian Persediaan Bibit Persemaian Permanen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Studi Kasus Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau) Pembimbing Dr.H. Hamid Bone, SE., M.Si., Ak., CA dan Raden Priyo Utomo, SE., M.Si., Ak., CA.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pencatatan dan penilaian bibit Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau telah sesuai atau tidak dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen.

Alat analisis yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif yaitu metode analisis dengan cara membandingkan Standar Operasioanal Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen yang meliputi pencatatan dan penilaian persediaan yang dilakukan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau.

Berdasarkan hasil analisis yang diketahui bahwa persediaan bibit persemaian permanen pada tahun 2015 belum menggunkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen yaitu dilihat dari harga benih bibit yang disamaratakan senilai Rp.1000,- yang mengakibatkan nilai jenis–jenis bibit sama. Sedangkan menurut perhitungan Standar Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen jenis bibit mengalami harga yang berbeda-beda sehinggga timbul selisih penilaian harga bibit persediaan
persemaian permanen. Persediaan akhir perusahaan menunjukkan saldo sebesar Rp.359.072.000,- sedangkan menurut Standar Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen menunjukkan saldo sebesar Rp.393.368.354,- sehingga mengalami selisih sebesar Rp.34.296.354,- selisih persediaan bibit persemaian permanen terjadi karena adanya perubahan di variable cost dan fixed cost yang telah disesuaikan oleh Standar Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sistem pencatatan persediaan bibit persemaian permanen pada Balai Pengelolaan Daerah aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau pada akhir tahun periode belum menerapkan Sistem Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen dan sistem penilaian perrsediaan bibit persemaian permanen telah sesuai dengan metode harga pokok persediaan FIFO berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian Permanen.


Kata Kunci : Pencatatan persediaan bibit persemaian permanen menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) Akuntansi Persediaan Persemaian permanen dan penilaian persediaan bibit persemaian permanen menggunakan metode harga pokok persediaan FIFO (First In First Out)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENERAPAN PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BIBIT PERSEMAIAN PERMANEN KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN (STUDI KASUS BALAI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN HUTAN LINDUNG MAHAKAM BERAU)
Pengarang Maria Magdalena Nggara - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua