Detail Cantuman Kembali
ENY ASMARITA - Personal Name

STRATEGI BADAN PENDAPATAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN SEKTOR PAJAK DI KOTA SAMARINDA

Eny Asmarita, Strategi Badan Pendapatan Daerah dalam Meningkatkan Pendapatan Sektor Pajak di Kota Samarinda, oleh bimbingan Bapak Dr. Anwar As., S.Sos., MM, dan Ibu Melati Dama, S.Sos, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Badan Pendapatan Daerah dalam meningkatkan pendapatan sektor pajak di Kota Samarinda,serta untuk mengetahui dan menidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pendapatan sektor pajak tersebut. Adapun strategi yang digunakan Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda diantaranya ialah melakukan optimalisasi pelayanan pendapatan daerah, optimalisasi pemanfaatan informasi teknologi, peningkatan intensifikasi dan ektensifikasi PAD dan penerimaan lainnya, serta melakukan peningkatan kesadaran wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban pajak daerah. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdeskriptif, narasumber pada penelitian ini adalah Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda, Kepala Sub. BagianProgram, Kepala Sub. Bidang Perencanan Pendapatan Daerah, Kepala Sub.
Bidang Penyuluhan dan Pengaduanserta Kepala Sub. Bidang PenindakanBadan Pendapatan Daerah Kota Samarinda (sebanyak5orang) Hasil dari penelitian ini adalah dalam strategi Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda, ada berbagai strategi yang di terapkan Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda diantaranya ada strategi yang memberikan kontribusi
paling besar yang berkaitan langsung dengan upaya meningkatkan pendapatan sektor pajak daerah ialah strategi melalui peningkatan kesadaran masyarakat dan wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban pajak daerah. Strategi tersebut mengarahkan pada berbagai kebijakan yang dianggap paling tepat diantaranya ialah meningkatkan kesadaran wajib pajak dengan mengadakan Wajib Pajak Gathering(WPGathering),kegiatan WPGatheringini terbagi
menjadibeberapa bagiandiantaranyayaitu WPGatheringpemberian penghargaan/apresiasi dan
WPGatheringpemberian peringatan/teguran. Selain itumengadakan penyuluhan dan sosialisasi peraturan daerah mengenai pajak daerah secara berkala dimana sosialisasi ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan jenis pajak masing-masing agar sosialisasi lebih efektif, serta melakukan penegakan hukum dalam rangka peningkatan kepatuhan wajib pajak, penegakan hukum ini bukanlah penegakan hukum secara pidana melainkan masih pada tahappenegakan hukum berupa pemberian sanksi, baik sanksi berupa denda maupun penyegelan.

Kata Kunci:Strategi, Badan Pendapatan Daerah, Pajak Daerah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI BADAN PENDAPATAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN SEKTOR PAJAK DI KOTA SAMARINDA
Pengarang ENY ASMARITA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua