Detail Cantuman Kembali
Muhammad Rafli - Personal Name

STUDI GEOMETRI PELEDAKAN DI PT.PAMAPERSADA NUSANTARA SUB PT.KIDECO JAYA AGUNG KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR

Pada tambang terbuka, sebelum kegiatan eksploitasi batubara yang dilakukan terlebih dahulu adalah memindahkan lapisan tanah penutup (overburden). Tidak semua lapisan tanah penutup dapat digali dengan alat mekanis, salah satu cara untuk memberaikan lapisan tanah penutup adalah dengan kegiatan peledakan. Dengan dilakukannya peledakan maka lapisan tanah penutup tersebut akan terberai menjadi fragmentasi.

Dalam pembuatan lubang ledak dengan diameter lubang bor yang dihasilkan berukuran 200 mm. Agar energi peledakan tersebar maksimal maka digunakan jenis pola pemboran zig-zag dan dengan pola rangkaian exchelon dengan sistem peledakan hole by hole.

Secara teoritis dengan rumus R.L Ash geometri peledakan rata-rata yang diperoleh adalah burden 6,294 meter, spacing 9,441 meter, stemming 4,406 meter, subdrilling 1.890 meter dan kedalaman 16,394 meter, Powder column 11.968 meter. Untuk geometri aktual adalah burden 8 meter, spacing 9 meter, stemming 4 meter, subdrilling 0,5 meter dan kedalaman 9 meter.

Dari geometri peledakan secara teoritis nilai powder factor yang dihasilkan adalah 0,32 kg/m3, untuk geometri peledakan secara aktual dilapangan nilai powder factor yang dihasilkan adalah 0,184 kg.


Kata Kunci : Peledakan, Geometri, Powder Factor,

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI GEOMETRI PELEDAKAN DI PT.PAMAPERSADA NUSANTARA SUB PT.KIDECO JAYA AGUNG KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR
Pengarang Muhammad Rafli - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua