Detail Cantuman Kembali
EKI SARI WIDYANINGTYAS - Personal Name

IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SAMARINDA NOMOR 51 TAHUN 2012 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi Di Taman Cerdas Kota Samarinda)

Eki Sari Widyaningtyas, “Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 51 Tahun 2012 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Taman Cerdas Kota Samarinda)”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Syahrani,M.Si, sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. Chatas Teguh Prakoso,M.Si, sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 51 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Taman Cerdas Kota Samarinda) dengan indikator komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi serta faktor-faktor yang menghambat dalam Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 51 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Taman Cerdas Kota Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriPtif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, dimana data primer di dapat dari key informan melalui teknik purposive sampling. Selain itu informan lainnya dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik accidental sampling.
Kemudian data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen berupa Peraturan Walikota Nomor 51 Tahun 2012 Tentang Kawasan Tanpa Rokok dan data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 51 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Taman Cerdas Kota Samarinda) belum berjalan maksimal hal ini dapat dilihat dari kurangnya komunikasi antar pelaksana kebijakan dan juga sosialisasi kepada masyarakat selaku sasaran kebijakan, kurangnya sumberdaya yang dimiliki seperti tidak tersedianya anggaran dan sumberdaya pendukung lainnya yakni
berupa tanda larangan merokok maupun plang dan spanduk, kurangnya komitmen dalam melaksanakan kebijakan dan tidak adanya pedoman pelaksanaan kebijakan yaitu Standar Operasional Prosedur, serta faktor-faktor penghambat lainnya seperti faktor kurangnya kesadaran masyarakat, faktor kurang rinci nya isi kebijakan peraturan Walikota tetang KTR, faktor kurangnya pengawasan yang dilakukan guna melaksanakan peraturan tentang KTR dan faktor ego sektoral.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kawasan Tanpa Rokok, Perwali







Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SAMARINDA NOMOR 51 TAHUN 2012 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi Di Taman Cerdas Kota Samarinda)
Pengarang EKI SARI WIDYANINGTYAS - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kawasan Tanpa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua