Detail Cantuman Kembali
Zhafira Aulia Rahmi - Personal Name

Analisis Hukum Terhadap Pembangunan Hotel Di Sempadan Sungai Kota Samarinda

Zhafira Aulia Rahmi, NIM 1308015020, Program Studi Ilmu Hukum, Konsentrasi Hukum Agraria : Analisis Hukum Terhadap Pembangunan Hotel Di Sempadan Sungai Kota Samarinda, dibawah bimbingan Dr. La Syarifuddin, S.H.,M.H dan Rahmawati Al Hidayah, S.H.,LL.M.

Dalam skripsi ini berisi analisis hukum pembangunan hotel yang dibangun di sempadan sungai Kota Samarinda dimana pembangunan di beberapa waktu terakhir begitu pesat sedangkan pemerintah Kota Samarinda ingin menjadikan kawasan sempadan Sungai Mahakam sebagai ruang terbuka hijau yang merupakan identitas Kota Samarinda sehingga tercipta keserasian lingkungan sepanjang tepian Sungai Mahakam. Objek penelitiannya adalah Hotel Harris dan Hotel JB.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian normatif dan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Bahan yang akan diambil dalam penelitian ini berupa bahan hukum primer dan sekunder.

Hasil dari pembahasan adalah perizinan pembangunan hotel di sempadan sungai Kota Samarinda mempunyai 7 tahap perizinan berdasarkan SOP dari BPPTSP Kota Samarinda dan tidak ada izin khusus pembangunan hotel di sempadan sungai. Meski begitu, pembangunan Hotel Harris dan Hotel JB tidak melanggar aturan garis sempadan sungai yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2011 tentang Sungai maupun Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Samarinda serta telah mengikuti prosedur perizinan dan mempunyai berkas izin sesuai dengan ketentuan yang ada.

Akan tetapi Kota Samarinda tetap membutuhkan peraturan khusus pembangunan hotel di sempadan sungai agar hukum dapat ditegakkan secara efektif dan tidak memunculkan permasalahan dikemudian hari.

Kata kunci : Perizinan, Sempadan Sungai, Hotel

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Hukum Terhadap Pembangunan Hotel Di Sempadan Sungai Kota Samarinda
Pengarang Zhafira Aulia Rahmi - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua