Detail Cantuman Kembali
KASNIWATI - Personal Name

PENGARUH KUNYIT (Curcuma domestica Val) TERHADAP DAYA AWET TELUR AYAM REBUS PADA KONDISI PENYIMPANAN SUHU KAMAR

ABSTRAK



Kasniwati, Pengaruh kunyit (Curcuma Domestica Val) terhadap daya awet telur ayam rebus pada kondisi penyimpanan suhu kamar. Dibawah bimbingan Ibu Vandalita M.M, Rambitan selaku Pembimbing I dan Bapak Helmy Hassan selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kunyit (Curcuma domestica Val) terhadap daya awet telur ayam rebus pada kondisi penyimpanan suhu kamar. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur di Kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan enam kali ulangan yaitu sebagai berikut : P0 (tanpa pemberian kunyit), P1 (pemberian kunyit 200 gram), P2 (pemberian kunyit 400 gram) dan P3 (pemberian kunyit 600 gram).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis sidik ragam pada hari pertama diperoleh hasil bahwa Fhitung (6) > Ftabel (4,94) dan pada hari ketiga diperoleh hasil Fhitung (9,76) > Ftabel (4,94). Ini berarti bahwa pemberian kunyit (Curcuma domestica Val) berpengaruh sangat nyata terhadap daya awet telur ayam rebus. Kemudian dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) menunjukan bahwa jumlah rata-rata hasil perlakuan sangat berbeda nyata. Jadi pemberian kunyit (Curcuma domestica Val) yang ideal untuk daya awet telur ayam rebus adalah 600 gram dari berat total telur ayam rebus.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian kunyit (Curcuma domestica Val) berpengaruh terhadap daya awet telur ayam rebus pada kondisi penyimpanan suhu kamar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KUNYIT (Curcuma domestica Val) TERHADAP DAYA AWET TELUR AYAM REBUS PADA KONDISI PENYIMPANAN SUHU KAMAR
Pengarang KASNIWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua