Detail Cantuman Kembali
Putri Ayu Navy Pratiwi - Personal Name

PENGENDALIAN RISIKO PROSES PRODUKSI CPO DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus Di PT Bima Palma Nugraha, Bengalon)

Berbagai perkebunan akan memiliki berbagai risiko dalam pengembangannya baik risiko internal maupun eksternal. Berbagai risiko-risiko yang dihadapi oleh perusahaan perlu ditangani dengan serius. Risiko adalah suatu kejadian atau peristiwa yang apabila terjadi dapat menghambat pencapaian tujuan atau sasaran divisi atau perusahaan. Manajemen risiko merupakan kumpulan kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi risiko yang dapat terjadi, menganalisis dampak dan probabilitas dari risiko tersebut, serta menerapkan respon atas risiko tersebut untuk memastikan agar tujuan utama dari kegiatan tersebut dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan pada kegiatan proses produksi CPO di PT Bima Palma Nugraha. Kegiatan proses produksi CPO di PT Bima Palma Nugraha yaitu kegiatan mengolah tandan buah segar (TBS) menjadi Crude Palm Oil (CPO). Terdapat banyak hal kejadian yang mampu menyebabkan terjadinya risiko, sehingga risiko harus dikendalikan untuk meminimalkan dampak dari risiko yang ditimbulkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Berdasarkan identifikasi risiko pada kegiatan proses produksi CPO, pada kegiatan timbangan terdapat 3 kejadian risiko, grading terdapat 3 risiko, loading ramp terdapat 4 risiko, sterilizer terdapat 6 risiko, di stasiun tresher terdapat 7 risiko, di stasiun press terdapat 8 risiko, di stasiun klarifikasi terdapat 3 risiko dan 1 risiko pada kegiatan di stasiun penyimpanan. Terdapat 35 kejadian risiko dengan 35 penyebab risiko, terdapat 7 kejadian risiko berdasarkan nilai RPN terbesar dan terdapat 17 usulan pengendalian berdasarkan akar penyebab 7 kejadian risiko dari nilai RPN terbesar.

Kata Kunci: Manajemen Risiko, FMEA, FTA, Penyebab Risiko, Proses Produksi, CPO, TBS, Pengendalian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGENDALIAN RISIKO PROSES PRODUKSI CPO DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus Di PT Bima Palma Nugraha, Bengalon)
Pengarang Putri Ayu Navy Pratiwi - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua