Detail Cantuman Kembali
Mukhlisa - Personal Name

PENGARUH EKSTRAK UMBI BAWANG DAYAK (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Staphylococcus aureus dan Salmonella typhi (Bahan untuk Kajian Modul Suplemen)

MUKHLISA, 2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman, Samarinda. Pengaruh Ekstrak Umbi Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus dan Salmonella typhi. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr.Sonja V.T. Lumowa. M.Kes selaku pembimbing I dan Drs. H. M. Hasby Fachry selaku pembimbing II.

Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) merupakan tanaman khas Kalimantan tengah yang berasal dari Amerika tropis. Secara empiris umbi bawang dayak sudah digunakan masyarakat lokal untuk mengobati luka, obat bisul dan sakit perut. Umbi bawang dayak memiliki senyawa alkaloid, flavonoid, saponin dan tannin yang merupakan senyawa antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari senyawa antibakteri, serta konsentrasi antibakteri yang efektif dari ekstrak bawang dayak terhadap Staphylococcus aureus dan Salmonella typhi. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan masing-masing 5 perlakuan dan 3 kali ulangan, yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu, 20 mg/ml, 40 mg/ml, 60 mg/ml, kontrol positif (antibiotic amoksilin) dan kontrol negatif (aseoton). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak umbi bawang dayak pada masing-masing konsentrasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya hambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Salmonella typhi, akan tetapi konsentrasi ekstrak lebih mampu menghambat bakteri Staphylococcus aureus dibandingkan bakteri Salmonella typhi berdasarkan luas zona hambat yang terbentuk di sekitaran sumuran.

Kata kunci : Umbi bawang dayak, bakteri Staphylococcus aureus, bakteri Salmonella typhi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH EKSTRAK UMBI BAWANG DAYAK (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Staphylococcus aureus dan Salmonella typhi (Bahan untuk Kajian Modul Suplemen)
Pengarang Mukhlisa - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua