Detail Cantuman Kembali
Dwi Putri Apriyanti - Personal Name

PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI USAHA KERAJINAN SARUNG TENUN SAMARINDA DI KOTA SAMARINDA


Dwi Putri Apriyanti, 2017. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Kerajinan Sarung Tenun Samarinda Di Kota Samarinda (dibawah bimbingan Bapak Jiuhardi dan Bapak Rahcmad Budi Suharto).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, factor pendorong ibu rumah tangga memutuskan bekerja, serta karakteristik ibu rumah tangga yang bekerja sebagai penenun di Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data primer dan skunder dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa peran ibu rumah tangga yang bekerja sebagai penenun di Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang dapat membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga terlihat dari jam kerja, sikap kerja, kendala dalam bekerja, hasil produksi.
Faktor dorongan ibu rumah tangga memutuskan untuk bekerja terdiri dari motif sebab (Because Of Motive) dan motif tujuan (In Order To Motive). Karakteristik ibu rumah tangga yang bekerja terlihat dari umur, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan, dukungan suami terhadap kinerja ibu rumah tangga yang bekerja dan cara ibu rumah tangga dalam membagi waktu.
Pendapatan ibu rumah tangga cukup terbilang baik karena dilihat dari segi produksi sarung tenun Samarinda yang dihasilkan serta dari segi semangat kerja ibu rumah tangga yang mempunyai keinginan untuk menyekolahkan anakanaknya bahkan membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Kata Kunci: Pendapatan, Peranan Gender, dan Sarung Tenun Samarinda




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI USAHA KERAJINAN SARUNG TENUN SAMARINDA DI KOTA SAMARINDA
Pengarang Dwi Putri Apriyanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua