Detail Cantuman Kembali
Dewi Sartika - Personal Name

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LOW BACK PAIN (LBP) PADA PENENUN TRADISIONAL DI KAMPUNG TENUN SAMARINDA SEBERANG

ABSTRAK

DEWI SARTIKA
“Faktor-faktor yang berhubungan dengan Low Back Pain (LBP) pada penenun
tradisional sarung Samarinda di Kampung Tenun Samarinda Seberang”.
Pembimbing I Dr. Iwan Muh Ramdan, S.KP., M.Kes, Pembimbing II Ade Rahmat Firdaus, S.KM.,M.P.H
Low Back Pain (LBP) adalah Keluhan subjektif pada punggung akibat penggunaan otot yang berlebihan (overuse). Pengunaan otot yang berlebihan dapat terjadi pada saat tubuh dipertahankan dalam posisi statik atau postur yang salah untuk jangka waktu yang cukup lama di mana otot-otot di daerah punggung akan berkontraksi untuk mempertahankan postur tubuh yang normal.
Salah satu jenis pekerjaan yang berisiko mengalami LBP adalah penenun tradisional sarung Samarinda, karena tidak sesuai dengan kaidah ergonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan low back pain pada penenun sarung Samarinda di Kampung Tenun Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan rancangan cross sectional. Responden penelitian ini adalah penenun tradisional di Kampung Tenun Samarinda Seberang sebanyak 49 orang. Variabel Dependen yaitu low back pain dan variabel independen yaitu umur, status gizi, sikap kerja, beban kerja, dan masa kerja. Data dianalisis dengan menggunakan uji ChiSquare dan Rank Spearman dengan nilai a sebesar 5%.
Disimpulkan ada hubungan umur dengan LBP (pvalue = 0,000 ; 0,05), ada hubungan antara sikap kerja dengan LBP (pvalue = 0,000 ; 0,05), dan ada hubungan antara masa kerja dengan LBP (pvalue = 0,000 ;

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LOW BACK PAIN (LBP) PADA PENENUN TRADISIONAL DI KAMPUNG TENUN SAMARINDA SEBERANG
Pengarang Dewi Sartika - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua