PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG TANPA BOLA DAN LATIHAN ZIGZAG DENGAN BOLA TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMA NEGERI 1 SANGKULIRANG
Jemidin, 2017. P Pengaruh Latihan Zig-zag Tanpa Bola Dan Latihan Zig-zag
Dengan Bola Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Siswa
Ekstrakurikuler Sepak Bola SMA Negeri 1 Sangkulirang, di bawah bimbingan
Bapak Nurjamal, S. Pd , M. Pd dan Bapak Jance J. Sapulete, S. Pd, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh latihan zig-zag tanpa
bola terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler sepak bola
SMA Negeri 1 Sangkulirang. (2) untuk mengetahui pengaruh latihan zig-zag
dengan bola terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler
sepak bola SMA Negeri 1 Sangkulirang. (3) untuk mengetahui perbedaan
pengaruh antara latihan zig-zag tanpa bola dan zig-zag dengan bola terhadap
kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler sepak bola SMA Negeri
1 Sangkulirang.
Jenis penelitian ini, menggunakan jenis penelitian eksperiment lapangan.
sampel dalam penelitian ini adalah siswa keseluruhan ekstrakurikuler sepak bola
SMA Negeri 1 Sangkulirang yang berjumlah 30 orang siswa yang dipilih dengan
sampling jenuh karena populasi relatif kecil. Variabel penelitian terdiri dari dua
variabel bebas yaitu latihan zig-zag tanpa bola dan zig-zag dengan bola serta satu
variabel terikat yaitu kemampuan menggiring bola. Instrument penelitian yang
digunakan adalah tes menggiring bola. Analisis data menggunakan analisis
statistika deskriptif dan analisis statistika inferensi dengan bantuan program SPSS
21.0.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada
pengaruh yang signifikan latihan zig-zag tanpa bola terhadap kemampuan
menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Sangkulirang.
Terbukti bahwa hasil analisis data, diperoleh nilai t hitung = 8,882
≥ t tabel =
2,145. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan zig-zag dengan bola terhadap
kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1
Sangkulirang. Terbukti bahwa hasil analisis data, diperoleh nilai t hitung = 5,658
≥ t tabel = 2,145. (3) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara
latihan zig-zag tanpa bola dan latihan zig-zag dengan bola terhadap kemampuan
menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Sangkulirang.
Terbukti bahwa nilai t hitung = 0, 263 < t tabel = 2,048. Begitu pula jika dilihat
dari pencapaian rata-rata tes akhir kemampuan menggiring bola dari kedua bentuk
latihan tersebut, menujukkan perbedaan yang relatif kecil yaitu 0.215. Rata-rata
tes akhir latihan zig-zag tanpa bola lebih besar dari nilai rata-rata tes akhir latihan
zig-zag dengan bola (14.775:14.560).
.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG TANPA BOLA DAN LATIHAN ZIGZAG DENGAN BOLA TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMA NEGERI 1 SANGKULIRANG |
---|---|
Pengarang | JEMIDIN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY