Detail Cantuman Kembali
DEWI RISNAWATI - Personal Name

PENGELOLAAN ASET DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KRAYAN BAHAGIA KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan aset desa dan faktor penghambat pengelolaan aset desa. Kemudian skema pengelolaan aset desa, serta upaya pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Krayan Bahagia.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Krayan Bahagia Kecamatan Lonf Ikis. Pengumpulan data yang dilakukan penelitian keperpustakaam dan penelitian lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data – data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dengan mendasarkan data yang ada, penulis berupa menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta – fakta, sifat – sifat serta hubungan antar fenomena yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan aset desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan telah berjalan sesuai aturan yang berlaku meskipun dalam pelaksanaan pemanfaatannya dan pengawasannya yang belum berjalan dengan baik. Sehingga hasilnya pun yang didapat kurang maksimal dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pengelolaan aset desa krayan bahagia kecamatan long ikis. Dalam pelaksanaan pengelolaan aset desa sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 1 tentang pelaksanaan aset desa memiliki 14 cara yaitu : perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, pelaporan, penilaian, pembinaan, pengawasan, dan pengendalian.
Selain itu faktor penghambat dalam Pengelolaan Aset Desa dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat antara lain, faktor stigma masyarakat, yakni berfikir bahwa pemerintah desa merupakan lumbung dan selanjutnya kurang kesadaran dan kepekaan semangat gotong royong, yang terkahir faktor sumber daya manusia, yakni kurangnya staf khusus yang mengatahui pengelolaan aset desa.
Kata Kunci : Pengelolaan, Aset Desa, Kesejahteraan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGELOLAAN ASET DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KRAYAN BAHAGIA KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER
Pengarang DEWI RISNAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua