EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PRODUSER MUSIK STUDIO 23 DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI KOTA SAMARINDA
Jondry Rusadi Irwando, 2017, Efektivitas Komunikasi Interpersonal Produser Musik Studio 23 Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Kota Samarinda, di bawah bimbingan Ibu Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu
Kezia ArumSary S.Ds., M.Med.Kom selaku dosen pembimbing II, Program Studi IImu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Studio rekamanmenyediakan jasa seorang produser musik yang berguna sebagai sarana penuntun para pelanggan untuk memberikan pemahaman-pemahaman tentang apa yang lebih baik untuk mereka lakukan saat menjalani proses rekaman.Jenis penelitian ini adalah kuaitatif deskriptif, sedangkan yang menjadi fokus penelitian ini adalah lima kualitas umum dalam efektivitas komunikasi interpersonal, yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Lokasi penelitian ini bertempat di jalan Slamet Riyadi. gang Manunggal 6, nomor 23 Samarinda, Kalimantan Timur. Teknik pengambilan data yang digunakan adalahpurposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan penelitian pada dokumen serta arsip-arsip yang bersangkutan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan menganalisis efektivitas komunikasi interpersonal produser musik studio 23 dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Kota Samarindadengan menggunakanfokus penelitianketerbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan.Temuan di lapangan yakniprofesi seorang
produser harus memiliki keterbukaan untuk mengetahui keinginan klien / pelanggan
terlebih dahulu agar dapat mengenali karakter pelanggan.Sikap empati dilakukan dengan berusaha secara kooperatif membantu pihak klien untuk terus mengasah dan
mengembangkan bakat bermusik dan kepekaan yang tinggi dalam meraih cita-cita
bermusik. Sikap mendukungproduser tidak lain sebagai bagian dari cara produser untuk
memotivasi para klien-kliennya. Sikap positif produser berguna untuk mengembangkan
metode jasanya agar membuat pelanggan merasa nyaman dalam berdiskusi, bertukar pikir, dan saling membutuhkan bantuan.Kesetaraan terungkap bahwa tidak ada jurang pemisah antara produser danklien.
Kata Kunci: Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, Loyalitas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PRODUSER MUSIK STUDIO 23 DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | JONDRY RUSADI IRWANDO - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY