Detail Cantuman Kembali
ASMAR - Personal Name

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SMA NEGERI 16 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

ASMAR, 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri 16 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dibawah bimbingan Ibu. Hamdiana S.Pd, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing I dan Bapak. Much. Samsul Huda S.Pd, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar PENJASORKES materi Passing Bawah Bola Voli pada siswa kelas X3 SMA Negeri 16 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament.
Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei dalam dua siklus, setiap siklusnya dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 16 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017, sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes keterampilan dan pengetahuan, juga mengamati perilaku siswa sebagai penilaian pada aspek sikap.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase. Indikator keberhasilan yaitu apabila siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetap oleh sekolah yaitu 75,00 dan 80% dari keseluruhan siswa tuntas. Dari hasil analisis data bahwa Hasil Belajar Passing Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas X3 SMA Negeri 16 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017 meningkat. Peningkatan tersebut terbukti dari nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 66,38 dan siklus I sebesar 74,28. Dapat dilihat bahwa terjadi peningkatkan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus I sebesar 7,90 atau persentase peningkatan sebesar 11,90%. Untuk memperoleh peningkatkan yang signifikan, pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 83,28. Peningkatan yang diperoleh siklus I ke siklus II adalah 9,08,
atau persentase peningkatan sebesar 12,11%. Dan peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 16,90 atau persentase peningkatan sebesar 25,45%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 16 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017 setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing Bawah Bola Voli, Teams Games
Tournament (TGT)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SMA NEGERI 16 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang ASMAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing Bawah Bola Vol
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua