ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA MELALUI PENDEKATAN SIXSIGMA PADA PT. MULTI SARANA SUKSES PERKASA
Baiq Mirayanti 2017.Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Melalui Pendekatan Six Sigma Pada PT. Multi Sarana Sukses Perkasa. Pembimbing pertama Ibu Anis Rachma Utary dan Pembimbing kedua Ibu Maryam Nadir.
Persaingan industry saat ini saling bersaing dalam menawarkan produk baik dalam bentuk barang ataupun jasa agar menarik minat konsumen. PT Multi Sarana Sukses Perkasa merupakan salah satup erusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan, maka dilakukan analisis dengan menggunakan metode six sigma.
Six sigma merupakan suatu visi peningkatan kualitas dengan 5 tahapan proses yaitu define, measure, analyze, improve, dan control. Hasil pengukuran six sigma dianalisis dengan menggunakan diagram p-chart dan diagram pareto untuk mengetahui jenis-jenis kecacatan pada pelayanan jasa PT. Multi Sarana
Sukses Perkasa, kemudian dilakukan perhitungan DPMO untuk mengetahui banyaknya produk gagal persejuta kesempatan dan nilai sigma diagram-diagram tersebutuk mengetahui penyebab kecacatan yang menjadi prioritas perbaikan.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa kecacatan yang menjadi prioritas perbaikan yakni kerusakan barang karena berkurangnya jumlah muatan sebesar 40%, basah 35%, robek 2,6%, dan keterlambatan pengiriman barang sebanyak 10 kali selama pengiriman tahun 2015 dengan nilai DPMO 223.280 dan nilai sigma 3,58.
Key Words : Six Sigma, DPMO, Level Sigma, KualitasJasa
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA MELALUI PENDEKATAN SIXSIGMA PADA PT. MULTI SARANA SUKSES PERKASA |
---|---|
Pengarang | BAIQ MIRAYANTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY