Detail Cantuman Kembali
UMMU KULTSUM - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 008 MUARA JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Ummu Kultsum, 2017 : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Muara Jawa Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Pembimbing I Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M.Si dan Pembimbing II Iksam, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 008 Muara Jawa. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017 dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Prosedur yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan setiap akhir pertemuan diadakan evaluasi tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Hasil analisa diperoleh nilai rata-rata siswa. Pada nilai dasar, rata-rata nilai diperoleh sebesar 62. Setelah siklus I rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 74,2 dengan peningkatan 19,6% dan ketuntasan 58,6%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 76 dengan peningkatan 2,6% dan ketuntasan 72,4%. Pada siklus III mengalami peningkatan rata-rata nilai 83 dengan peningkatan 9,4% dan ketuntasan 93,1%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar mengalami peningkatan pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 008 Muara jawa tahun pembelajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Matematika, Bangun Ruang, Model Kooperatif Tipe STAD




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 008 MUARA JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang UMMU KULTSUM - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Matematika, Bangun Ruang, Model Koope
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua