Detail Cantuman Kembali
ASWIN HENDRIK ELIAS - Personal Name

KESIAPANDAN PELUANGKERJASAMA SISTER CITY KOTA MANADO DENGAN KOTA QINGDAO CHINA

Aswin Hendrik Elias, NIM: 1102045172, dengan judul skripsi: “Kesiapan dan Peluang Kerjasama Sister City Kota Manado dengan Kota Qingdao, China”, di bawah bimbingan Ibu Uni W. Sagena, M.Si, Ph.D, selaku dosen pembimbing I, dan Bapak Andi Purnawarman, S.Sos, M.Si, selaku dosen pembimbing II, pada Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan serta menganalisis kesiapan dan peluang kerjasama Sister City yang dilakukan oleh kota Manado dengan kota Qingdao, China. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni berupa data primer dan sekunder yang berasal dari wawancara langsung dengan pihak terkait, buku, media masa, artikel, internet, dan sumber-sumber lainnya yang membahas permasalahan mendukung.
Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan dan peluang kerjasama Sister Cityantara kota Manado dan kota Qingdao yang menjadi fokus penelitian peneliti telah terhubung sejak adanya penandatanganan surat kesepakatan kerjasama pada 30 Oktober 2015. Kerjasama ini dinyatakan sangat bermanfaat karena bisa menjalin persaudaraan dan membantu membangun perekonomian dan pembangunan kota.
Dalam kerjasama Sister City, kota Manado dan Qingdao dapat saling memenuhi kepentingan daerah dan mendorong perekonomian daerah serta penanaman modal bagi negara. Memajukan kota dan meningkatkan nilai investasi juga merupakan tujuan dari kerjasama ini serta meningkatkan nilai moralitas dan hubungan persaudaraan antara kedua kota tersebut. Urgensi dan kedudukan kerjasama Sister City ini juga sudah dilindungi oleh hukum internasional dan bebas melakukan kegiatan internasional dalamhubungan internasional.

Kata Kunci: Kerjasama Bilateral, Sister City, Manado, Qingdao.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESIAPANDAN PELUANGKERJASAMA SISTER CITY KOTA MANADO DENGAN KOTA QINGDAO CHINA
Pengarang ASWIN HENDRIK ELIAS - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua