Detail Cantuman Kembali
Siti Rahmah Achfa - Personal Name

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERDAGANGAN LUAR NEGERI PADA DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

ABSTRAK


SITI RAHMAH ACHFA, 2008, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. Pembuatan Sistem Informasi Perdagangan Luar Negeri pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Provinsi Kalimantan Timur, Skripsi Jurusan Ilmu Komputer, Pembimbing Pertama (I) Ramadiani, S.Pd., M.Si., M.Kom, dan Pembimbing Kedua (II) Awang Harsa Kridalaksana, S.Kom., M.Kom.
Sistem Informasi adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen untuk mencapai suatu tujuan yaitu memberikan informasi seperti input data, proses data, output informasi berupa laporan. Dengan memanfaatkan sistem informasi yang dapat membantu meningkatkan kinerja dalam menangani pemborosan waktu dan tidak efisiennya suatu pekerjaan.
Dalam mengatasi hal tersebut maka dibuatlah suatu sistem informasi perdagangan luar negeri dengan Microsoft Visual Basic 6.0 dan MySQL versi 5.0 for Windows dengan menerapkan konsep clien sever. Sistem informasi perdagangan luar negeri adalah suatu sistem yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dalam hal ini pengolahan data-data yang berhubungan dengan perdagangan luar negeri yang masih dilakukan secara manual walaupun sudah menggunakan komputer dan dalam kegiatan operasionalnya masih terdapat kendala-kendala dalam hal penentuan kebijakan dan pengambilan keputusan ini dikarenakan untuk menghasilkan suatu laporan diperlukan waktu yang cukup lama dalam pengolahan datanya dan terlebih lagi dalam ketepatan dan akuratnya nilai-nilai dari data tersebut sehingga terjadi pengolahan data secara berulang-ulang yang berakibat kurang efesien terhadap penggunaan alat-alat perlengkapan seperti kertas, tinta printer dan sebagainya sehingga mengakibatkan biaya operasional meningkat.
Adapun alat bantu pengembangan dan desain sistem yang digunakan adalah Flow Of Document (FOD), Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), dan Flowchart, sedangkan untuk pembuatan program sistem informasi perdagangan luar negeri bahasa pemrograman yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0, dan untuk basisdatanya digunakan perangkat lunak MySQL versi 5.0 for Windows.


Kata Kunci : sistem informasi, perdagangan, luar negeri

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERDAGANGAN LUAR NEGERI PADA DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang Siti Rahmah Achfa - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua