Detail Cantuman Kembali
YENI SANTI - Personal Name

Peranan Tenaga Keperawatan Dalam Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Di Puskesmas Karang Asam Samarinda

YENI SANTI. Peranan Tenaga Keperawatan dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Karang Asam Samarinda (dibawah bimbingan Bapak Drs. Farhanuddin Jamanie selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Saipul, S.Sos.,M.Si selaku Dosen Pembimbing II).
Latar belakang dari penelitian ini adalah keberadaan tenaga keperawatan merupakan salah satu faktor yang ingin dilihat peran sertanya dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kesehatan Ibu dan Anak dimana tenaga keperawatan didalam memberikan pelayanan kesehatan harus dapat memberikan pelayanan yang optimal sehingga kesehatan Ibu dan Anak benar-benar terjamin.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan tenaga keperawatan dalam memberikan pelayanan kesehatan Ibu dan Anak serta memberikan gambaran tentang pelayanan kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Karang Asam Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan indikator pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tenaga keperawatan yaitu pelayanan kesehatan untuk balita dan pelayanan kesehatan untuk ibu hamil, indikator Pelayanan kesehatan yaitu prosedur pelayanan dan sikap dan perilaku petugas dalam pelayanan kesehatan serta Indikator sarana dan prasarana kesehatan (fasilitas kesehatan) yaitu jumlah tenaga keperawatan, kualifikasi tenaga keperawatan, dan ketersediaan sarana kesehatan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran tenaga keperawatan telah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi tenaga keperawatan di Puskesmas Karang Asam. Pelayanan kesehatan yang di berikan masih belum optimal meskipun telah dilakukan upaya pelayanan kesehatan oleh tenaga keperawatan. Jumlah tenaga keperawatan yang ada masih dapat memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Karang Asam, namun untuk tingkat pendidikan masih sedikit yang memiliki tingkat pendidikan akademi sedangakan untuk ketersediaan sarana kesehatan yang ada mengalami peningkatan pada peralatan medis dan non medis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peranan Tenaga Keperawatan Dalam Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Di Puskesmas Karang Asam Samarinda
Pengarang YENI SANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua