Detail Cantuman Kembali
Siti Rahmah - Personal Name

UJI FITOKIMIA DAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG JARAK CINA (Jatropha multifida L.)

ABSTRAK


Siti Rahmah, 2008, Uji Fitokimia dan Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Kulit Batang Jarak Cina (Jatropha multifida L.). (Dibawah bimbingan Bapak Saibun Sitorus dan Bapak Subur Pasaribu).
Telah dilakukan uji fitokimia dan aktivitas antibakteri senyawa metabolit sekunder Kulit Batang Jarak Cina (Jatropha multifida L.). Sampel kulit batang Jarak Cina diekstraksi dengan etanol dengan cara maserasi yang dipekatkan dengan rotari evaporator.
Berdasarkan uji fitokimia senyawa metabolit sekunder kulit batang Jarak Cina (Jatropha multifida L.) menunjukkan adanya jenis senyawa metabolit sekunder. Senyawa metabolit tersebut antara lain alkaloid, flavonoid dan steroid.
Pada uji aktivitas antibakteri, digunakan metode difusi agar. Uji tersebut menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri Streptococcus viridans dengan diameter zona bening berturut-turut 0, 7, 8, 9, 10, 11, 12 dan 13 mm dan bakteri Bacillus subtilis diameter zona bening berturut-turut 0, 6, 7, 8, 9, 10, 11 dan 12 mm. Hasil pengujian terhadap bakteri Shigella flexneri dengan diameter zona bening berturut-turut 0, 0, 6, 7, 8, 9, 10 dan 11 mm dan bakteri Salmonella typhi dengan diameter zona bening berturut-turut 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0 dan 7 mm pada konsentrasi tiap-tiap bakteri berturut-turut 0,5, 1,0, 1,5, 2,0, 4,0, 6,0, 8,0 dan 10%.

Kata Kunci : Kulit Batang Jarak Cina (Jatropha multifida L.), uji fitokimia dan aktivitas antibakteri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI FITOKIMIA DAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG JARAK CINA (Jatropha multifida L.)
Pengarang Siti Rahmah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua