Detail Cantuman Kembali
Ulpah - Personal Name

Uji Efektivitas Bioaktivator Tricolant Dan Em-4 Terhadap Pembentukan Kompos Dan Penurunan Kadar C/N Limbah Biji Jarak Pagar (Jatropha Curcas L. )

ULPAH. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman Samarinda. Uji Efektivitas Bioaktivator Tricolant dan EM-4 Terhadap Pembentukan Kompos dan Penurunan Kadar C/N Limbah Biji Jarak Pagar (Jatropha curcas L.). Dibimbing oleh Hetty Manurung dan Nova Hariani.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret 2008 sampai April 2008 di Green House Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bioaktivator Tricolant dan EM-4 yang lebih tepat untuk digunakan pada pembentukan kompos dan penurunan kadar C/N limbah biji jarak. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 4 kali ulangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh bioaktivator Tricolant dan EM-4 terhadap pembentukan kompos dan penurunan kadar C/N limbah biji jarak. Pemberian bioaktivator EM-4 memberikan pengaruh nyata terhadap penurunan kadar C/N, ketebalan tumpukan, dan suhu tumpukan kompos sedangkan pemberian bioaktivator Tricolant memberikan pengaruh nyata terhadap pH tumpukan kompos. Nilai penurunan kadar C/N tertinggi diperoleh pada perlakuan EM-4 3,72% dan nilai penurunan kadar C/N terendah diperoleh pada perlakuan Kontrol 4,92%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Efektivitas Bioaktivator Tricolant Dan Em-4 Terhadap Pembentukan Kompos Dan Penurunan Kadar C/N Limbah Biji Jarak Pagar (Jatropha Curcas L. )
Pengarang Ulpah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Limbah biji jarak pagar (Jatropha curcas L.), Bioa
Bahasa
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua