Detail Cantuman Kembali
Saharuddin - Personal Name

Evaluasi Daya Hasil Dua Varietas Padi Sawah (Oryza sativa L.) akibat Pemupukan Nitrogen.

ABSTRAK

SAHARUDDIN. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2008. Evaluasi Daya Hasil Dua Varietas Padi Sawah akibat Pemupukan Nitrogen. (Dibimbing oleh Amjaya dan Muhammad Saleh).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk nitrogen dan untuk mendapatkan dosis pupuk yang tepat bagi pertumbuhan pertumbuhan dan hasil dua varietas padi sawah (Oryza sativa L.). Penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari sampai Mei 2007 di Desa Karang Tunggal, kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Percobaan faktorial 5x2 dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan ulangan tiga kali digunakan dalam penelitian. Faktor pertama adalah pupuk nitrogen yang terdiri 5 taraf yaitu 0 kg N ha-1 (n0); 45 Kg N ha-1 (n1); 90 kg N ha-1; 135 kg N ha-1 (n3); 180 kg N ha-1 (n4), sedangkan faktor kedua yaitu varietas Diah Suci (v1) dan varietas IR-64 (v2).
Berdasarkan hasil pengamatan bahwa perlakuan pemupukan Nitrogen (N) berbeda tidak nyata pada semua parameter pengamatan sedangkan perlakuan varietas (V) menunjukan berbeda nyata terhadap parameter tinggi tanaman 30 hst, dan potensi hasil, serta berbeda sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman saat panen, jumlah anakan total perumpun, jumlah anakan produktif perumpun, persentase gabah isi, jumlah gabah total per malai dan tidak berbeda nyata terhadap parameter lainnya.
Interaksi antara pupuk dan varietas berbeda tidak nyata pada semua kombinasi perlakuan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Evaluasi Daya Hasil Dua Varietas Padi Sawah (Oryza sativa L.) akibat Pemupukan Nitrogen.
Pengarang Saharuddin - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua