Detail Cantuman Kembali
Suriyanti - Personal Name

Pengaruh Ekstrak Daun Waru (Hibiscus Tiliaceus L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus

Suriyanti, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. Pengaruh Ekstrak Daun Waru (Hibiscus tiliaceus L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus. Dibimbing oleh Drs. Djoko Mintargo, M.P dan Reni Kurniati,S.Si.,M.Si.
Waru (Hibiscus tiliaceus L.) merupakan tumbuhan tropis berupa pohon yang pemanfaatannya sebagai pohon pelindung dan sebagai tanaman obat. Bagian yang digunakan sebagai obat antara lain daun, akar dan bunga. Salah satu kegunaan dari daun waru yaitu dapat mengobati abses yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun waru (Hibiscus tiliaceus L.) terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 9 perlakuan dan 3 ulangan. Konsentrasi ekstrak yang diujikan adalah 0% (kontrol), 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30%, 35% dan 40% dengan metode difusi sumuran kirby bauer dengan diameter sumuran 6 mm pada media Mueller Hinton. Parameter yang diukur adalah besarnya diameter zona hambat yang terbentuk. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA, kemudian dilanjutkan dengan JNT (Jarak Nyata Terkecil) pada taraf kepercayaan 95% dan analisis regresi linear.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun waru dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus mulai konsentrasi 5% sampai 40% dengan luas rata-rata zona hambat 11,9433 sampai 19,9433 mm. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak yang diujikan semakin luas daerah zona hambat yang terbentuk dan antar perlakuan menunjukkan pengaruh yang nyata.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Ekstrak Daun Waru (Hibiscus Tiliaceus L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus
Pengarang Suriyanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Waru (Hibiscus tiliaceus L.), Staphylococcus aureu
Bahasa
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua