Detail Cantuman Kembali
muhammad alwi - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SDN No. 009 SANGATTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ABSTRAK
JUDUL SKRIPSI : Peningkatan Hasil Belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada SDN 009 Sangatta Selatan, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Mulawarman pembimbing I Dr. Benyamin Matius, M.Pddan Pembimbing II Dra. Hj. Warsinah, M.Pd.

Kata kunci :Pembelajaran Kooperatif, Tipe Talking Stick, Peningkatan Prestasi
Belajar.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Guru membuat perencanaan pembelajaran dan peningkatan kemempuan Guru dalam melakukan pembelajaran. Serta untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa Kelas III SDN 009 sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur, pada mata pelajaran IPA dengan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 009 Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas III SDN 009 Sangatta Selatan Tahun ajaran 2015/2016 semester II sebanyak 23 siswa. Data ini dikumpulkan pada tiap putaran melalui Observasi terhadap siswa ketika pembelajaran berlangsung lembar kerja siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah proses pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, data diperoleh melalui observasi yang meliputi observasi tahap perencanaan tindakan, observasi pada siklus I, observasi pada siklus II, Serta tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau menyajikan data pada tiap putaran.

Nilai Awal dijadikan nilai dasar sebesar 66,96 (kurang) dan pada siklus satu menjadi sebesar 79,13 (cukup baik) mengalami peningkatan prestasi rata – rata 12,17 dengan rata-rata skor peningkatan 21,30. Pada siklus Dua mengalami peningkatan dari 79,13(baik) menjadi 83,91 (sangat baik) mengalami peningkatan rata – rata prestasi sebesar 0,43 dan rata – rata skor peningkatan 22,61. Ternyata hasil dari skor dasar atau sebelum pembelajaran kooperatif tipe Talking Stickditerapkan, hasil tes siklus satu, hasil tes siklus Dua menunjukkan peningkatan yang seknifikan. Dengan demikin pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi pembelajaran IPA Siswa Kelas III.

Hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai rekomendasi bahwa pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat diterapkan di kelas sebagai pariasi model pembelajaran karena telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SDN No. 009 SANGATTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Pengarang muhammad alwi - Personal Name
No. Panggil
Subyek PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PE
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua