SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK KELURAHAN KARANG ASAM ULU KOTA SAMARINDA
Sri Hartati, 2017, Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Kelurahan Karang Asam Ulu Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Dr. H.Abdullah Karim, MS selaku Pembimbing I dan Ibu Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II. Adapun penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh suatu kondisi dimana kualitas pelayanan masyarakat yang masih memiliki banyak kelemahan dan belum memuaskan keinginan masyarakat, dibuktikan dengan masih banyaknya keluhan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pemerintah atau birokrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik Kelurahan Karang Asam Ulu Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Dalam penelitian ini responden ditentukan dengan menggunakan Insidental Sampling. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara langsung dengan 98 orang masyarakat yang datang ke Kantor Kelurahan Karang Asam Ulu, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen resmi misalnya Profil Desa/Kelurahan Karang Asam Ulu Kota Samarinda Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kelurahan Karang Asam Ulu Kota Samarinda dari hasil tabulasi data dari 14 indikator adalah 67,88 yang termasuk dalam kriteria mutu pelayanan “B” yaitu baik. Maka dapat disimpulkan mutu pelayanan Kelurahan Karang Asam Ulu sudah masuk dalam kriteria baik atau memuaskan. Dilihat dari nilai indeks kepuasan masyarakat per idikator pelayanan, 11 indikator sudah berada pada kriteria baik, seperti; kejelasan petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, dan kepastian jadwal pelayanan. Namun terdapat 3 indikator yang belum maksimal seperti kurang jelasnya informasi mengenai prosedur pelayanan, kurangnya kedisiplinan petugas, dan masih kurangnya kenyamanan lingkungan pelayanan.
Kata kunci: Kepuasan Masyarakat dan Pelayanan Publik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK KELURAHAN KARANG ASAM ULU KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Sri Hartati - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: Kepuasan Masyarakat dan Pelayanan Publ |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY